Senin, 25 Juli 2011

Resume Harian: 25 Juli 2011

Hari ini, Senin, tanggal 25 Juli 2011, merupakan hari pertama interaksi PPAB MTI 2011. Acara dimulai pada pukul 11.00 di depan GSG ITB. Namun, kami baru selesai merapikan barisan pada pukul 11.22, sehingga kami dinyatakan terlambat oleh panitia.
Selain itu, terdapat puluhan orang yang tidak lengkap membawa spek yang diwajibkan. Kami pun ditanya apa alasan kami terlambat dan ada puluhan orang yang tidak lengkap membawa spek. Karena kesalahan tersebut, kami diberi konsekuensi berupa menjudal koran bekas dan menyumbangkan hasil penjualannya ke orang yang tidak mampu.
Dengan adanya konsekuensi ini, kami dididik untuk berkomintmen dan bertanggung jawab dalam menjalankan aturan/tugas yang diberikan serta kewajiban untuk saling mengingatkan teman yang lupa.

Setelah pengecekan tugas, kami dimobilisasi ke ruang seminar di TI. Di ruang seminar kami diberi simulasi tentang tujuan hidup. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok dan disuruh untuk merumuskan suatu tujuan selama belajar di ITB selama 3 tahun. Tujuan ini disimpulkan dari tujuan masing-masing anggota kelompok dan disesuaikan dengan minat anggota kelompok. Beberapa kelompok dipersilahkan untuk mempresentasikan hasil diskusinya.

Dari presentasi dan komentar para juri, kami memperoleh pelajaran bahwa suatu tujuan harus memenuhi standar SMART-C, yaitu singkatan dari: Spesific, Measurable, Achieveable, Realistic, Time Bonded, dan Challenging. Selain itu, kita juga perlu pemperhitungkan kemnugkinan yang mungkin akan menghalangi kita mencapai tujuan tersebut.

Setelah itu, kami kembali dibagi menjadi beberapa kelompok untuk diberi mentoring tentang manejemen waktu. Manejemen waktu merupakan hal yang sangat penting bagi seorang kader TI/MRI. Manejemen waktu menuntu kita agar dapat membagi waktu antara satu kegiatan dengan kegiatan lain seefisien mungkin, tanpa banyak waktu yang terbuang, dan tugas pun dapat terselesaikan.

Kemudian, kami dimobilisasi lagi ke ampitheater di depan GKU Barat untuk pembahasan tugas hari Jum'at. Ternyata terdapat beberapa kesalahan pada tugas yang kami buat, dan kami pun harus segera memperbaikinya dan selesai esok hari.

Selain itu, kami diberi tugas baru lagi, yaitu: Menambah tanda tangan dan foto teman di buku angkatan menjadi 60 buah, membuat resume ini, mewawancarai "kakak NIM", membuat koran angkatan, dan membuat bord presentasi untuk besok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar