Sabtu, 23 Juli 2011

Tujuan Hidup Saya...

Apakah tujuan hidup saya? Tentu, tujuan hidup utama saya hidup di dunia adalah untuk beribadah kapada Allah SWT, seperti yang dijalaskan di kitab suci Al-Qur'an.Hanya saja bagaimana saya mengerjakan tujuan itu? Belajar, alias menimba ilmu, merupakan salah satunya. Belajar merupakan ibadah yang mulia. Bukankah Allah swt. Akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan BERILMU? Ya, benar sekali.

Eits! Saya menimba ilmu bukan hanya sekedar menimba ilmu untuk kepentingan pribadi saja! Bagaimanapun juga, saya ingin menjadi sesuatu YANG BERGUNA. Percuma orang sepintar apapun, kalau tidak bisa mengapliaksikan ilmunya, dia tentu sangat tidak berguna bukan?

SATU KALIMAT
Tujuan hidup saya, mungkin cukup satu kalimat. "SUKSES dan BAHAGIA dunia akhirat". Mungkin orang-orang sering mencampuradukkan pengertian SUKSES dan BAHAGIA. Bagi saya, SUKSES artinya berhasil mencapai yang kita inginkan. BAHAGIA, artinya bisa MENIKMATI apa yang telah kita capai sebelumnya. Orang SUKSES belum tentu BAHAGIA. Hanya SUKSES saja tentu tidak cukup.

Orang-orang yang HAUS akan KEKUASAAN, koruptor, pemimpin tidak adil, menurut saya merupakan contoh-contohnya. Mungkin orang mengatakan mereka sukses. Tapi, apakah mereka bahagia? Saya tidak yakin. Kalau mereka bahagia dengan keadaan mereka saat itu, mereka tentu tidak perlu melakukan korupsi, apalagi sampai bertriliun-triliun rupiah nilainya.

Hah, karena itulah, saya bukan hanya ingin sukses, tetapi juga BAHAGIA.

Sebenarnya, saya juga tidak terlalu tertarik menjadi seorang pemimpin sih, namun hati kecil saya ingin bisa memperngaruhi orang lain di sekitar saya. Saya menginginkan itu, karena itu adalah kelemahan saya. (Tentu mempengaruhi hal-hal yang baik :)) Saya cukup menjadi orang yang berguna di mata masyarakat, baik masyarakat keilmuan, masyarakat keprofesian, maupun masyarakat luas. Pokoknya seluas-luasnya...!

Dengan begitu, saya bisa membahagiakan mereka, saya pun akan ikut BAHAGIA. Saya akan berusaha s'lalu berbahagia, positif thinking, berqana'ah, dan berikhtiar untuk mencapai tujuan itu, apapun rintangan yang menghadang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar